Minggu, 02 Juni 2013

Jalan Hidup

. Minggu, 02 Juni 2013

Jalan Hidup

Jalan kali ini begitu syok terapi, begitu unpredictable.
Ya sore tadi saya melakukan perjalanan dari semarang ke purbalingga menggunakan sepeda motor. Selama dijalan saya tetiba berfikir, ternyata menempuh perjalanan itu hampir sama seperti menempuh perjalanan hidup, semua serba unpredictable walaupun kita sudah tau jalannya.
Sama seperti jalan hidup, kita harus tentukan dahulu kemana kita akan menuju. Tentukan tujuan hidup, kemana arah tujuan hidup kita. Setelah itu, jalan hati – hati agar selamat sampai tujuan. Karena dalam perjalanan banyak sekali hal – hal yang tidak terduga. Bisa jadi jalan yang sudah kita rencanakan akan kita lewati sedang dalam perbaikan sehingga tidak bisa dilewati, dan mengharuskan kita memutar arah atau mencari jalan lain untuk menuju ke suatu titik terus jalan tujuan kita. Seperti halnya hidup, terkadang saat kita sudah merencanakan sesuatu ada saja halangan yang membuat kita menggunakan plan b atau plan c untuk tetap meneruskan hidup ini.
Jalan itu begitu beragam, ada jaan yang lurus mulus , berkelok tajam, naik turun, ataupun jalan berkerikil. Ada kenikmatan tersendiri ketika kita melintasi jalan yang penuh liku dan kerikil. Jalanan semarang – purbalingga sore tadi sangat istimewa buat saya. Disamping jalannya yang harus melewati tebing curam dan melintasi jalanan diantara dua gunung yaitu gunung sindoro dan gunung sumbing di temanggung, saya dibonusi dengan kabut tebal saat melintasinya. Semenjak dari sumowono pun hujan menemani perjalanan saya hingga akhir perjalanan.
Hidup ini mungkin hampir sama seperti perjalanan saya sore tadi, ada kalanya jalan kita tertutup kabut sehingga mengharuskan kita untuk berjalan pelan agar tidak celaka. Atau sepanjang perjalanan ditemani hujan yang mengharuskan sering menggunakan kata – kata SABAR untuk dapat sampai ke tempat tujuan. Sensasi yang luar biasa ketika perjalanan hidup kita ini penuh dengan hambatan yang membuat kita lebih bersyukur ketika sudah tiba di tempat tujuan.
Saat kita sudah dekat dengan tempat tujuan, janganlah kita takabur atau sombong. Karena, belum tetntu kita sudah dekat nanti akhirnya kita bisa mencapai tujuan. Semua masih bisa terjadi, itulah yang membuat kita harus selalu SABAR dalam menjalani hidup. Yakinlah dalam berjalan ketika kamu sudah tahu kemana arah tujuanmu, perjuangkanlah dengan sabar, karena semuanya akan indah pada waktu yang tepat. Setelah sampai tujuan janganlah lupa untuk bersyukur dan bersyukur, apapun jalan yang ditempuh dan apapun hasilnya syukurilah.
Setelah sampai di tujuan, jangan terlalu lama terbuai dengan kenikmatannya. Segeralah bergegas untuk melakukan perjalanan selanjutnya yang mungkin jalannya lebih spektakuler dari jalan yang sebelumnya.
To be continue . . .

1 komentar:

sinta mengatakan...

janganlah kita takabur atau sombong. Karena, belum tetntu kita sudah dekat nanti akhirnya kita bisa mencapai tujuan

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com