Rabu, 16 Desember 2009

Mari Mengenal RADIOLOGI

. Rabu, 16 Desember 2009


Semarang , 17 Desember 2009

Saya merupakan mahasiswa semester 3 di jurusan RADIODIAGNOSTIK , setelah sekian lama saya berkecimpung dalam dunia perblogan barulah sekarang terlintas untuk menulis tentang apa yang saya pelajari di kampus , yaitu tentang RADIOLOGI.

Radiologi merupakan suatu ilmu tentang penggunaan sumber sinar pengion dan non-pengion , yang biasa digunakan adalah sinar X. Bidang bidang dalam radiologi kita mengenal ada RADIODIAGNOTIK , RADIOTERAPI , KEDOKTERAN NUKLIR , USG (ULTRASONOGRAFI) , MRI (MAGNETIK RESONANCE IMAGING) . Mari kita lanjutkan penjelasan tentang satu persatu.



1. Radiodiagnostik : merupakan salah satu cabang ilmu radiologi yang memanfaatkan sinar pengion untuk membantu diagnosa dalam bentuk foto yang didokumentasikan.

2. Radioterapi : merupakan salah satu terapi penyakit terutama untuk penyakit seperti tumor yang mengalami keganasan dengan sinar radioaktif.

3. Kedokteran Nuklir : merupakan bidang kedokteran yang memanfaatkan materi radioaktif untuk menegaskan diagnosa dan mengobati penderita serta mempelajari penyakit manusia.

4. USG : ultrasonografi merupakan penggunaaan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membantu diagnosa.

5. MRI : merupakan teknik diagnosa yang memanfaatkan medan magnet dan gelombang frekuensi radio. Pemeriksaan ini tidak menimbulkan radiasi ionisasi, dan dapat diperoleh hasil berupa penampang dari berbagai arah.

nah , begitulah seklumit tentang ilmu yang saya pelajari . . . untuk lebih jelasnya bisa sobat tanyak langsung pada saya :)


6 komentar:

Anonim mengatakan...

askum...
kak, sampean pnh merasa ketakutan ato kwatir dengan bahaya sinar x nggak?menginat bahayanya yang sangat besar.....saya pnh dgr cerita ttg radiografer yang mandul katanya gara2 jd radiografer, terus ada lagi yang bisa punya anak tapi anaknya cacat. nah tu gmn???

Anonim mengatakan...

di jogja ada nggak,universitas yg mnyediakan jurusan radiologi???

Anonim mengatakan...

Mau tanya nih,kalo jurusan radiologi yg dipelajari nya apa (Fisika,Kimia,Biologi) makasih

Unknown mengatakan...

kak, kalo jurusan radiologi buat D3 itu lebih condong materinya ke biologi, fisika atau kimia? kita dituntut untuk pandai dalam soal hitung-hitungan gak? mohon responnya, makasih :)

Poker Online Indonesia Terpecaya mengatakan...

It’s really a great and useful piece of information. I’m glad that you just shared this helpful information with us.

Agen Bola Terpecaya mengatakan...


Please stay us informed like this. Thanks for sharing. ??

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com